Siomay Abang2 ala bang Udin

Siomay, makanan favorit saya. Dulu ketika di Jakarta, hampir setiap minggu kakak ipar saya menelpon untuk menanyakan mau beli siomay bang Udin ngga? Dan pada saat keponakan saya Ulang Tahun sekitar tahun 2003, karena penggemar siomay bang Udin ini hampir semua keluarga saya jadinya kakak ipar saya buat acara syukuran ulang tahun dengan menu siomay bang Udin. Tekstur siomay yang kenyal, padat ngga terlalu terasa sekali ikannya dan bumbu kacang yang nikmaaat banget sampai saya masih hapal sekali dengan rasanya.

Akhir2 ini saya suka buat siomay dari satu resep ke resep yang lain sampai ketemu yang pas dengan rasa siomay bang Udin rasanya susah. Siomay ala si abang Udin ini terasa padat teksturnya karena komposisi ‘aci’ atau tepung tapioka yang lebih banyak, namun rasa kenyal inilah yang seringkali membuat ketagihan. Tapi, ngga ada salahnya saya coba buat siomay yang satu ini siapa tahu anak2 ketagihan juga seperti Ibunya. Dan lumayan untuk pengobat kangen kuliner rumahan Jakarta.

Langkah pertama yang saya buat adalah saos kacangnya. Dulu, setiap membuat bumbu kacang selalu beli kacang tanah dalam jar yang di jual di Supermarket. Gara2 sering ngeblender kacang, itu alat blender sering rusak. Ganti terus sampai yang kedua kalinya. Nyerah dan rusak lagi. Akhirnya ketemu juga food processor mungil merk WMF yang sudah berumur 2 tahun, sahabatlah buat saya karena membantu semua bumbu dapur.

Untuk membuat saos kacang saya selalu pakai selai Pindakaas 500 gram. Lalu tambahannya 5 cabai merah besar, 7 siung bawang putih (lebih banyak), 15 cabai rawit, 1 siung bawang merah, 1 siung bawang bombay kecil. Sebelum di blender halus, semua bumbu ini digoreng terlebih dahulu.
Tuangkan bumbu yang sudah di blender ke dalam panci, masukkan selai kacang lalu aduk tambahkan air, garam, gula merah, gula pasir dan daun jeruk. Masak hingga mendidih dan matang. Cicipi rasanya. Angkat. Jangan lupa tambahkan kaldu ayam.

Nah, selanjutnya bahan utamanya. Jika anda memiliki food processor, maka membuat siomay adalah pekerjaan yang sangat mudah dan cepat. Masukkan semua bahan, proses sebentar dan jadilah adonan siomay yang siap kukus.

IMG_8384

Membuat siomay sendiri sangat mudah, murah dan hasilnya sangat memuaskan, dan yang paling penting adalah terjamin kualitasnya karena anda menggunakan bahan-bahan terbaik yang bisa anda peroleh.

Bagi anda yang berminat, ini resep yang saya pakai dari sajian sedap.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
25 lembar kulit siomay siap pakai

Bahan Isi:
200 gram paha ayam fillet, dicincang halus
75 gram udang kupas, dicincang halus
75 gram kulit ayam, dicincang halus ( saya ngga pakai ini)
2 siung bawang putih, dihaluskan
2 batang daun bawang kecil, diiris halus
1/2 sendok makan kecap ikan
2 sendok teh minyak wijen
1 sendok makan minyak ayam bawang (dari 150 gram kulit ayam dimasak sampai berminyak dan ditambahkan 3 siung bawang putih, dicincang)
2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
1 putih telur
300 ml air es (saya ganti dengan santan kelapa 100 ml)
175 gram tepung sagu

Cara membuat:

  1. Isi, campur ayam, udang, kulit ayam, bawang putih, daun bawang, kecap ikan, minyak wijen, minyak bawang, garam, merica bubuk, gula, dan putih telur. Uleni sampai tercampur rata.
  2. Masukkan air es. Uleni rata. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata.
  3. Ambil selembar kulit. Isi dan lipat sisinya. Semprotkan air di sisi siomay.
  4. Kukus di atas api sedang 20 menit sampai matang.

Jangan lupa hidangkan siomay dengan saus kacang dan saus sambal botolan.

*di kota saya tinggal, jeruk limo ngga ada jadi di bumbu kacang sengaja saya masukkan daun jeruk*

2 thoughts on “Siomay Abang2 ala bang Udin

Leave a Reply

