Sarapan, Yuk! Edisi Ketoprak

Ketoprak yang satu ini adalah langganan keluarga saya sejak tahun 1998. Kami pelanggan setia si abang. Abang ini berjualan dari komplek rumah saya sampai mangkal di daerah Kelapa Gading seberang Pastel Ma’Cik.

Hampir hari Sabtu dan Minggu kami selalu sarapan dengan ketoprak buatan si abang. Biasanya si abang selalu menambahkan rebusan cabai rawit jika memang kurang pedas. Seperti biasa, saya selalu minta bumbu kacang dan kerupuk yang banyak.

Pernah suatu ketika saya sudah menetap di luar negeri, si abang memberikan kerupuk mentah untuk di kasih ke saya. Terima kasih, bang ketoprak😀

Siapa saja pasti suka dan pernah memakan ketoprak. Namun kali ini saya coba membuat Ketoprak kreasi saya sendiri, dan ini resep yang saya dapatkan dari sajian sedap.

Processed with VSCOcam with a9 preset
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 buah (250 gram) tahu putih
1/2 sendok teh garam
2 siung bawang putih, dihaluskan
150 ml air
5 buah lontong, dipotong-potong
100 gram taoge, diseduh
100 gram bihun, diseduh
2 1/2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
50 gram kerupuk kanji, digoreng
minyak untuk menggoreng

Bahan Sambal Kacang:
10 sendok makan kacang tanah kulit, digoreng
5 buah cabai rawit ( cabai rawit saya rebus )
10 siung bawang putih
2 1/2 sendok teh garam
100 gram gula merah
1 sendok teh air asam (dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)
250 ml air

Cara Pengolahan :

  1. Rendam tahu putih dalam larutan garam, bawang putih, dan air. Goreng sampai matang. Potong kotak.
  2. Sambal kacang: haluskan cabai rawit, bawang putih, kacang tanah goreng, garam, dan gula merah. Masukkan air dan air asam. Aduk rata.
  3. Sajikan lontong, tahu, taoge, bihun, dan sambal kacang. Beri kecap manis.
  4. Tabur bawang merah goreng. Sajikan dengan kerupuk kanji.

Untuk 4 porsi

Anak2 pun suka sekali dengan Ketoprak buatan Ibu mereka. Ternyata membuat Ketoprak tidak sesulit yang saya bayangkan.😀

Leave a Reply

