Menu Spesial Di Saat Weekend

Menu masakan yang saya sajikan untuk keluarga kecil saya memang sedikit berbeda jika di saat weekend. Lupakan diet😀 dan saatnya santai bersama keluarga.

Masakan berbahan dasar ayam ini selalu menjadi menu favorit keluarga kecil saya. Ayam bakar atau ayam goreng, selalu menjadi pilihan. Akhir2 ini saya lebih sering membuat ayam bakar kecap.

Sambal terasi tidak akan mungkin ketinggalan donk, ditambah potongan ketimun *lupa beli kol* dan telur padang.

Kemarin ini, di toko Asia ada makanan beku yang terbuat dari olahan cumi dan alhamdulillah berlogo halal, saya pun langsung tertarik untuk membelinya dan ternyata anak sulung saya ketagihan sekali dengan Ika Maki Squid ini :D *nanti kita beli lagi ya, bang?*

Untuk Tahu Pong, seperti biasa Tahu dan Tempeh hanya datang 1xseminggu di kota tempat saya tinggal. Jadi biasanya Tahu Tempeh ini sudah saya booking duluan dan sorenya saya ambil😀

Semenjak menetap di luar negeri, saya ngga pernah bosan makan Tahu Tempeh. Hanya makan dengan nasi hangat, sambal terasi sudah benar2 nikmat luar biasa buat saya dan suami.

Di foto ini, nasi masih belum matang *sabar yaa* dan menu seperti inilah yang menjadi menu paling favorit buat keluarga kecil saya.

Processed with VSCOcam with a9 preset

Resep ayam bakar saya dapatkan dari sajian sedap :

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam kampung
1 sendok teh air jeruk nipis
2 lembar daun salam
2 cm jahe, dimemarkan
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah sisir
1/4 sendok teh merica bubuk
300 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
1/2 sendok makan ketumbar
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri, disangrai
1/4 sendok teh jintan

Bahan Olesan (aduk Rata):
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh minyak goreng

Cara Pengolahan :

  1. Belah ayam menjadi 2 bagian. Lumuri dengan air jeruk nipis.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, jahe, dan serai sampai harum.
  3. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Masukkan air, kecap manis, garam, gula merah, dan merica bubuk. Masak sampai meresap.
  4. Bakar ayam sambil diolesi bahan olesan sampai harum.

Untuk 4 porsi

Mudah dan sederhana-kan resepnya, hidangkan dengan sambal kecap pedas. Selamat mencoba….

9 thoughts on “Menu Spesial Di Saat Weekend

    1. Aku tulis lagi nih Beth, telur padang itu telur dadar yang dimasak dengan minyak banyak dan yang seperti di resto2 padang.

      6 butir telur
      2 sdm serundeng kelapa
      2.5 sdm tepung beras + sedikit santan kelapa
      3 butir bawang merah + 1 cabai merah besar *diblender halus*
      daun bawang diiris miring
      ½ – ¾ sdt garam, dan royco *sesuai selera*
      Haluskan atau di blender serundeng dan bawang merah juga cabai, lalu sisihkan.
      Panaskan minyak goreng api sedang.
      Larutkan tepung beras, tambahkan telur, irisan daun bawang & garam, kocok merata, tambahkan bumbu yg sudah diblender halus, kocok rata.
      Bila minyak telah benar-benar panas, tuangkan semua kocokan telur ditengah wajan.

      Selamat mencoba dan semoga suka ya Beth…

      1. Wah harus bikin serundengnya dulu berarti yak. Ternyata dadar padang ini benar-benar beda bahannya, makanya enak bener🙂 Makasih ya Dew, kapan-kapan ta cobain.

      2. Resep aslinya begitu, tapi aku sering ga pakai. Cuma santan sama tepung beras harus ada. Kalau di Indo, biasanya nyokap pakai cabai giling yang tanpa garam, garam ditambahin sendiri aja. Memang rasanya lebih beda ya dari telur dadar biasa🙂 Sami2, Bethie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s