Pasar Natal di Kota Nürnberg


 

IMG_2003.JPG

Saya memang penggemar pasar2 tradisional. Pada akhir November 2015 kemarin ini di kota tua, pasar Natal di Nürnberg telah dibuka. Pasar Natal ini terletak di Hauptmarkt dan hanya 10 menit berjalan kaki dari stasiun kereta api utama kota Nürnberg.

Christkindlesmarkt atau pasar Natal yang diadakan setiap tahun di Nürnberg, Jerman ini berlangsung selama Advent. Pasar Natal ini bukanlah yang tertua di Jerman dan bukan pula yang terbesar di Jerman, tetapi dengan sekitar lebih dari 2 juta pengunjung, pasar Natal Nürnberg ini adalah salah satu yang paling populer di Jerman dan yang paling terkenal di dunia.

Kami bertanya di bagian di informasi Tourismus Nürnberg, “Apa yang membuat pasar Natal di Nürnberg ini menjadi sangat terkenal di Jerman?”

IMG_1998.JPG

Pertama, karena masih sangat tradisional, di dalam dokumen disebutkan pertama kali dibuka pada tahun 1628. Sebagian besar barang-barang yang dijual di pasar yang dibuat oleh produsen tradisional daerah dan bahkan 180 kios masih terbuat dari pohon cemara.

Kedua, Gingerbread atau Lebkuchen, ditemukan di Franconia pada abad ke 13 dan Nürnberg menjadi eksportir paling terkenal dan sekarang dikenal dengan Nürnberger Lebkuchen.

Processed with VSCOcam with 5 preset

Nürnberger Lebkuchen Wicklein inilah yang paling favorit buat saya. Dari merk Schmidt yang terkenal, Elisen Lebkuchen yang di dekat Albrecht Dürer dan bakery Der Beck, juaranya tetap di Wicklein. 

Lalu adanya sister cities market, di sini anda akan melihat sekitar 20 kota partner dari berbagai negara ikut meramaikan pasar Natal Nürnberg dengan ciri khas negara mereka masing-masing. Mulai dari Atlanta hingga Sri Lanka.

IMG_2005.JPG

IMG_1992.JPG

The Christkind telah menjadi simbol dari pasar Natal Nürnberg selama beberapa dekade. Seorang gadis pirang antara umur 16-19 tahun yang dipilih setiap setahun sekali dengan menggunakan mahkota emas dan gaun putih yang sangat berkilau dan dirinya membuka Christkindlesmarkt dengan prolog di balkon Gereja Frauenkirche. Sayang sekali kami tidak sempat bertemu dengan Christkind ini, karena kami datang pada saat hari kerja.

Setiap tahun, yang saya tunggu-tunggu adalah roti Stollen yang dijual di salah satu stand pasar Natal ini. Wajar saja saya mengidam lama dengan roti Stollen, karena hanya ada setahun sekali. Walau di supermarket mereka juga menyediakan roti Stollen dan toko roti di dekat rumah pun juga menjual tetapi pilihan saya tetap jatuh ke Ibu yang satu ini. Dan ternyata, tanpa saya sadari kami telah berlangganan sejak tahun 2009. Wow!

Processed with VSCOcam with a5 preset

 

 

Processed with VSCOcam with a5 preset

 

Ada satu bagian khusus untuk pasar Natal anak-anak. Ada 5 wahana permainan mulai dari carousel dua tingkat, bianglala dan perahu ayun atau kora-kora yang mungil. Juga ada satu stand yang di mana bisa berfoto bersama dengan Santa Claus.

IMG_2035

Processed with VSCOcam with hb2 preset

 

Nürnberg kota yang menarik untuk dikunjungi dan menawarkan pengunjung lebih jauh dari sekedar pasar Natalnya. Selain sebagai kota yang indah dengan kota tua yang hampir sepenuhnya tertutup oleh tembok kota yang bersejarah. Dan pastinya masih banyak lagi yang harus dilihat di kota Nürnberg.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s